Home » , » PSU (POWER SUPPLY UNIT)

PSU (POWER SUPPLY UNIT)

PSU (POWER SUPPLY UNIT)

PSU adalah Power Supply Unit, sebuah perangkat yang fungsinya menyuplai tegangan dari listrik rumah ke Komputer anda. PSU itu bermacam-macam ukuran dayanya mulai dari 180Watt sampai 2000Watt kalau gak salah. Biasanya ada PSU abal-abal (PSU murahan, biasanya bawaan Casing, Harga Murah dan daya yang dikeluarkan pun hanya separuh dari yang tertera di PSU) dan PSU pure (Real Power, maksudnya daya dan tulisan tertera itu benar adanya, misal 450Watt di tulisan itu benar-benar sama dengan daya yang ada dikeluarkan PSU ketika di test dengan PSU Tester)

Gambar PSU (Power Supply Unit)


Nah lho PSU saya bagus gak ya real gak ya? ada baiknya anda mencari tahu sebagai berikut :

PSU Abal-abal

  • Power Up
  • Votre
  • Dazumba
  • Simbada
  • Mentari
  • dan lainnya PSU yang terdapat pada bawaan Casing



PSU Pure dan bagus menurut Saya

  • FSP
  • XFX
  • Seasonic
  • Cooler Master
  • Super Flower
  • Thermaltake
  • dan lainnya lebih bagus cek disini merek apa saja yang kira-kira bagus.


Yang bagus adalah yang benar-benar mampu menghasilkan daya yang sesuai dengan yang tertera di tulisannya. Mempunyai Spesifikasi daya output yang tertulis di situ.

Bang punya saya kok ada sertifikatnya 80 + (plus) itu bagaimana? Apakah bagus?
Begini ya sertifikat 80 + itu gak sembarangan PSU bisa menggunakannya. istilahnya 80+ itu Seperti sertifikat SNI di Indonesia. Jika sudah ada sertifikat 80+ bisa dipastikan PSU Anda itu bagus, namun tidak jarang ada juga produsen yang nakal. Memasang sertifikat 80+ pada PSU nya padahal PSU nya tidak memenuhi standart PSU bersertifikat 80+.

Jika Anda ragu untuk membeli PSU yang benar-benar 80+ Anda bisa mencoba mengecek di situs plugloadsolutions.com di situ ada banyak Merek yang benar-benar bersertifikat 80+. Sebenarnya semua merek yang sudah masuk di situs tersebut sudah dipastikan baik dalam hal output daya, tapi jika merek tersebut mengeluarkan produk bersertifikat 80+ jelas PSU tersebut lebih bagus dari produk yang standart.

Sebagai perbandingan berikut urutan sertifikat dari standart sampai yang bagus :

  1. Standart (Standart sebenarnya sudah bagus kalau benar-benar real power, sudah mampu untuk menjalankan PC dengan spesifikasi gaming lumayan)
  2. Bersertifikat 80+ (Lebih bagus dari versi standart biasanya mampu untuk mengangkat VGA yang lumayan bagus)
  3. Bersertifikat 80+ Bronze (Di atasnya lagi dari versi 80+ biasa, mampu untuk menjalankan VGA High End. Tapi pastikan dulu VGA High End Anda minimum PSU nya berapa Watt)
  4. Bersertifikat 80+ Silver (Sedikit di atas yang versi 80+ Bronze, Standartnya dia memang digunakan untuk High End PC, Overclock, Gaming dan hal lainnya yang butuh daya yang kuat)
  5. Bersertifikat 80+ Gold (Paling tinggi dalam standart PSU yang dijual, kemampuannya jangan ditanyakan lagi, untuk Extreme Overclock, SLI, Crossfire dan Berbagai hal lainnya mampu dilakukan versi ini daripada versi dibawahnya. Dan untuk harga dipastikan harganya selangit untuk pengguna biasa seperti kita ini)
  6. Bersertifikat 80+ Platinum (Di atas dari yang paling atas kira-kira itulah yang bisa saya katakan untuk versi Platinum, mungkin hanya pengguna khusus untuk Server atau PC Gaming yang maniak yang mungkin menggunakan  PSU ini, kemampuan terbaik supply daya dari PSU lainnya)


Tidak sembarang PSU mampu memberikan sertifikat 80+ jika memang belum bisa memberikan daya yang continues  di atas 80% saat load 50%, 75%, dan 100% dari keseluruhan kemampuan daya PSU tersebut.

Berbicara tentang PSU pasti ada yang bertanya-tanya dengan keluaran (voltase) dari setiap kabel dari PSU. Jika PSU yang belum Moduler maka setiap kabel pasti akan berwarna berbeda beda sesuai dengan Voltase yang di keluarkan PSU.

PSU Moduler adalah PSU yang kabel outputnya bisa dilepas atau dipasang sesuai dengan kebutuhan. Jadi tidak perlu banyak kabel yang berserakan pada casing. Tapi untuk PSU yang Moduler semua kabel pasti sudah berwarna hitam (yang terbaru), dan butuh test langsung untuk mengetahui keluaran listrik dari PSU tersebut.
Berikut beberapa Kode Warna dan Voltase pada PSU :

  1. Warna Hitam, kode warna kabel hitam adalah untuk Ground (Netral).
  2. Warna Kuning, kode warna kabel kuning untuk tegangan +13Volt berfungsi untuk catu daya Hardisk dan CD/DVD.
  3. Warna Merah, kode warna kabel merah untuk tegangan +5Volt berfungsi untuk catu daya Hardisk dan CD/DVD.
  4. Warna Orange, kode warna kabel Orange untuk tegangan +3,3Volt berfungsi untuk catu daya Processor.
  5. Warna Putih, kode warna kabel putih untuk tegangan -5Volt Berfungsi untuk Stabilizer
  6. Warna Ungu, kode warna ungu untuk tegangan +5Volt Berfungsi untuk Stabilizer
  7. Warna Biru, kode warna biru untuk tegangan -12Volt berfungsi untuk Power Off
  8. Warna Hijau, kode warna hijau untuk Power On
  9. Warna Abu-abu, kode warna abu-abu untuk tegangan +5Volt berfungsi sebagai Stabilizer di Chipset.


CATATAN :
Kabel Warna Hitam (ground) = Untuk mencegah atau membuang arus lebih
Tagangan Minus (-) = tegangan yang ada tapi tidak bekerja
Stabilizer = untuk pembagi tegangan atau penstabil tegangan (tidak boleh lebih dari 5 Volt)

Perbedaan Ground dengan Negative

Ground hanya untuk membuang tegangan atau arus lebih sedangkan negative untuk standby asalkan ada arus listrik 0,5 Volt.

Semoga sedikit ilmu yang saya miliki bisa menjadi manfaat bagi pembaca semua. Sekiranya seperti itulah yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Bila ada kesalahan penulisan kata dan lainnya saya mohon maaf, itu karena keterbatasan pengetahuan dari saya. Jika ada pertanyaan, masukan, kritik dan saran silah kan Comment atau  contact us. Semoga bermanfaat, Sekian

Terima Kasih.
 

Blog Archive