Home » » Cara Manual Paling Mudah Mencari Driver PC

Cara Manual Paling Mudah Mencari Driver PC

Driver komputer saya Masih ada yang tanda seru, bagaimana cara mengatasinya?
Driver saya tidak ada yang cocok, padahal sudah Browsing?
Driver saya masih ada yang belum terinstall padahal sudah pakai DriverPack?
Cara mengatasi Driver yang tanda seru?
Cara mengatasi Driver yang tidak Cocok?
Cara Manual mengatasi Driver yang tidak cocok / Tanda seru?
Cara manual mengatasi Driver yang masih Unknown?

Sebelum kita beranjak ke Driver, Kita akan kembali mengenal Perangkat Komputer. Perangkat Komputer adalah Semua alat yang menyusun dan mendukung dalam sebuah Komputer. Ada Processor, ada Motherboard, ada RAM, ada Hardisk, ada PSU, ada Casing dan Perangkat lain yang menunjang dalam Pengoperasian Sebuah komputer.

Tanpa Perangkat yang lengkap Komputer tidak akan dapat di operasikan dengan baik. Begitu juga jika tidak ada Driver untuk alat Tersebut. Lantas apa itu Driver? Driver adalah sebuah program yang tujuannya adalah untuk memberitahu, mengenalkan dan memandu Processor dalam memaksimalkan Perangkat dari Driver Tersebut. Jadi kalau tidak ada driver Perangkat tidak bisa dipakai dong? Ya masih bisa, tapi dalam keadaan paling minimum.

Gambar Driver komputer Belum di Install


Driver pada umumnya sudah di sediakan Oleh Produsen dari perangkat tersebut ketika kita membelinya. Contohnya VGA External, selain kita mendapat VGA External pasti kita mendapat buku petunjuk dan CD/DVD. CD/DVD itulah yang di dalamnya terdapat driver untuk perangkat VGA External Anda. Begitu juga untuk Motherboard, LAN, WIFI, Bluetooth dan Perangkat lainnya.

Lantas bagaimana kalau Drivernya hilang? Ya, kita terpaksa harus Browsing, tanya Mbah google.com . Kalau sudah Browsing tapi masih belum cocok (masih tanda seru) bagaimana? Ya kita pakai Alternatif lain, yaitu mencari driver dengan manual. Bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Pertama-tama Klik START
  • Pada kotak Search programs and files Ketik Device Manager
  • Akan muncul Hasil pencarian Klik pada Device Manager 
  • Setelah itu muncul Jendela Device Manager, Klik kanan Pada Device yang masih belum terinstall driver (masih tanda seru) Kemudian Klik Properties   
  • Kemudian akan muncul Jendela Perangkat tersebut, Klik pada tab Details, pada Property ganti menjadi Hardware Ids
  • Pada Kotak Value akan muncul kode dari Perangkat tersebut. Contoh kode Hardware / Perangkat PCI\VEN_10DE&DEV_1380&SUBSYS_2757107D&REV_A2 , Kode hardware biasanya ada yang tidak Cuma satu baris saja. Klik kanan pada kode yang paling atas, kemudian Klik Copy
  • Buka Aplikasi Browser, dan Masukan kode tersebut pada pencarian google.com dan Search atau Enter, maka akan muncul Driver yang Anda cari. Jika tidak muncul hilangkan garis miring “\” pada pencarian Anda.
  • Jika sudah ketemu maka Cukup Cari Driver yang sesuai dengan Jenis Windows Anda kemudian Download. Sesuaikan Windows 7, 8, 8.1 atau 10 dan jangan lupa juga 32bit atau 64bit Driver untuk Windows yang Anda gunakan.
  • Jika sudah Di Download makan langsung saja di install. 


OK kan, mudah kan caranya? Lantas bagaimana jika tidak tahu Windows kita 32bit atau 64bit? Untuk masalah Windows Anda 32bit atau 64bit Anda cukup mencarinya pada System pada Control Panel. Jika masih belum paham lihat langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Klik START
  2. Klik Pada Control Panel
  3. Kemudian klik pada System and Security
  4. Pilih System (Ada gambar Komputernya)
  5. Di bawah Processor dan Installed Memory (RAM) ada tulisan System type kemudian lihat di situ 32-bit Operating System atau 64-bit Operating System.

Gambar System pada Operating System Komputer


Sekarang Sudah paham kan? Mudah kan? Sebenarnya Komputer itu mudah jika Anda mau belajar dan membaca. Pada dasarnya semua hal yang berhubungan dengan komputer menggunakan bahas inggris jadi kalau tahu arti bahasa inggris maka kemungkinan Anda untuk paham lebih besar. Cara diatas sudah saya coba dan praktekkan dan 100% berhasil.

Semoga sedikit ilmu yang saya miliki bisa menjadi manfaat bagi pembaca semua. Sekiranya seperti itulah yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Bila ada kesalahan penulisan kata dan lainnya saya mohon maaf, itu karena keterbatasan pengetahuan dari saya. Jika ada pertanyaan, masukan, kritik dan saran silah kan Comment atau  contact us. Semoga bermanfaat, Sekian

Terima Kasih.
 

Blog Archive