Home » » Cara Disable Checking Disk saat Start up

Cara Disable Checking Disk saat Start up

Komputer saya saat Loading pertama selalu muncul Checking Hardisk
Bagaimana cara menghilangkan checking hardisk pada Windows?
Muncul Checking Disk, cara menghilangkannya bagaimana ya?
Komputer saya kok muncul checking disk? Bisa masuk windows tapi tunggu lama
Bagaimana cara menghilangkannya?

Hardisk Merupakan komponen penting dalam sebuah komputer. Tanpa hardisk komputer tidak akan bisa berfungsi. Karena sangat pentingnya mungkin kita perlu untuk merawat perangkat tersebut. Tak jarang banyak yang mengalami permasalahan pada hardisk mereka. Seperti contoh kita kali ini, Kita lihat banyak yang mengeluhkan pada saat Loading Start up muncul peringatan Checking Disk pada hardisk Anda.

Gambar Check Disk


Sebenarnya bukan masalah yang serius, pada umumnya Windows akan selalu mengecheck Hardisk kita ketika Loading Start up. Bagaimana pun Hardisk merupakan tempat penyimpanan Data, Program dan Operating System (OS). Operating System (OS) Windows sendiri tidak akan berjalan dengan baik jika ada data / Program yang hilang. Jadi secara otomatis Windows akan melakukan Checking disk jika merasa ada Error pada hardisk kita. Karena ada sedikit permasalahan Error pada hardisk itu membuat Windows harus mengechecknya dengan feature Check Disk yang tertanam pada Windows tersebut.

Hal itu tidak mungkin akan terjadi jika memang Hardisk tidak mengalami Error. Pada Umumnya Permasalahan Error itu terjadi bukan hanya pada hardisk saja melainkan pada perangkat penyimpanan yang lainnya. Bhakan ketika kita menancapkan Flashdisk / Memory pada PC dan kemudian kita Hidupkan ada kemungkinan Checking disk juga berjalan.

Permasalahan Error pada Media penyimpanan bisa disebabkan karena hal berikut :

  • Mencabut Flashdisk / hardisk / memory atau media penyimpanan yang lain dari Komputer secara tiba-tiba
  • Listrik mati tiba-tiba ketika Flashdisk / hardisk / memory atau media penyimpanan yang lain saat sedang bekerja
  • Hardisk terbentur atau goyang ketika bekerja, karena bagaimana pun hardisk itu di dalamnya terdiri dari piringan cakram yang berputar (5400 - 7200 rpm / rad per menit) sangat kencang ketika bekerja, jadi kalau sampai goyang / terbentur / jatuh ya bisa bermasalah.
  • Bisa juga umur hardisk / flashdisk / memory atau media penyimpanan yang lain yang sudah tua.
  • Sering meng copy - paste atau memindah-mindah data dari partisi satu ke partisi lain atau dari media penyimpanan satu ke yang lain tanpa melakukan defragment.
  • Terdapat bad sector pada hardisk / flashdisk / memory atau media penyimpanan yang lain.
  • Panas yang berlebihan (Overheat)


Cara untuk mencegah agar tidak terjadi Error pada disk :

  • Pastikan anda sudah Meng eject dahulu media penyimpanan anda sebelum mencabutnya dari komputer. Mungkin ini terlihat sepele tapi jika sudah terjadi masalah kan jadi berabe.
  • Jika listrik di sekitar rumah anda rawan padam, alangkah baiknya pakai UPS (Unit Power Supply) atau generator yang bisa menyediakan listrik jika terjadi pemadaman. UPS itu bukan PSU lho ya, UPS itu Istilahnya power banknya komputer. sementara PSU itu jika di Hape Baterainya.
  • Jika anda pakai laptop lebih baik selalu pantau keadaan baterai laptop anda agar tidak terjadi kekosongan baterai.
  • Tempatkan Laptop / Komputer anda pada tempat yang aman, tidak mudah goyang atau mungkin tempat yang tidak mudah terjatuh.
  • Pastikan semua baut hardisk pada laptop / komputer anda sudah benar-benar terkunci kuat, baik juga jika dilapisi karet / gabus. karena bahan seperti karet dan gabus itu bisa menyerap getaran.
  • Jika Umur media penyimpanan sudah cukup lama 7 tahun ke atas alangkah baiknya beli media penyimpanan baru dan pindah semua datanya.
  • Untuk menghindari panas berlebih pada media penyimpanan usahakan menempatkannya pada tempat yang sejuk, sirkulasi udara lancar. bisa juga menambahkan Fan (kipas) pada Hardisk.
  • Jika anda sering meng copy - paste atau memindah-mindah data anda, sebaiknya sebulan sekali melakukan disk defragment. tujuannya adalah untuk menyisihkan daerah-daerah tempat data anda pada hardisk pada satu sisi agar mudah pembacaannya. pada dasarnya proses writing itu urut (jika digambarkan dari sisi kiri ke kanan) namun jika file dikirinya di cut / di delete pasti akan terjadi kekosongan, dan itu bisa mengakibatkan proses pembacaan lebih lama. Proses defragment Intinya agar reading datanya tidak mencar-mencar.


Media penyimpanan memang perangkat paling rawan untuk terkena masalah. Terjadi masalah sedikit akan langsung membuat Operating System bermasalah atau bahkan tidak bisa di jalankan. Untuk itu haraplah berhati-hati dalam pemeliharaan Media Penyimpanan seperti di atas.

Terus bagaimana cara menghilangkan Checking Disk saat Start up?
Apakah akan langsung hilang jika hardisk kita sudah tidak Error?

Pertanyaan yang Super... jawabannya Relatif, ada beberapa kasus, di mana ketika Disk sudah dalam keadaan baik (tidak Error) Checking Disk hilang alias tidak muncul pada saat Starting Up. Tapi ada kasus lain di mana saat Disk sudah dalam keadaan baik checking disk tetap muncul. Nah, untuk yang Checking disk nya tetap muncul bisa mencoba cara berikut.

Cara Menghilangkan Checking Disk :

  • Masuk Windows Run, Dengan cara Shortcut Keyboard WINDOWS+R atau dengan Menu START -> All Programs -> Accessories -> Run
  • Akan Muncul jendela Run, kemudian ketik tanpa tanda petik “regedit” Akan muncul permintaan Akses Registry Editor, Klik “YES
  • Muncul Jendela Registry Editor, Double Klik HKEY_LOCAL_MACHINE
  • Kemudian akan Muncul Folder lagi, Double Klik SYSTEM
  • Lanjut Double Klik lagi, CurrentControlSet
  • Lanjut Double Klik, Control
  • Klik, SessionManager
  • Akan muncul di Jendela Samping kanan banyak Registry, Pilih pada BootExecute kemudian Klik kanan kemudian klik Modify.
  • Akan muncul jendela baru Edit pada Value data ganti semua kalimat dengan kalimat ini tanpa tanda kutip “autocheckautocheck” kemudian klik OK
  • Kemudian Silahkan Restart Komputer Anda, dan lihat Loading Starting up sudah tidak ada Checking disk lagi.


Seperti itulah kira-kira cara mengatasi masalah Checking disk pada saat Komputer Starting up. Silahkan di coba, cara tersebut sudah saya Praktekkan dan 100% berhasil pada banyak komputer.

Semoga sedikit ilmu yang saya miliki bisa menjadi manfaat bagi pembaca semua. Sekiranya seperti itulah yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Bila ada kesalahan penulisan kata dan lainnya saya mohon maaf, itu karena keterbatasan pengetahuan dari saya. Jika ada pertanyaan, masukan, kritik dan saran silah kan Comment atau  contact us. Semoga bermanfaat, Sekian

Terima Kasih.









Blog Archive