Home » » Cara mengatasi komputer Lambat saat Starting up

Cara mengatasi komputer Lambat saat Starting up

Kenapa ya Komputer saya loadingnya lama?
Kenapa ya Laptop saya starting up nya lama?
Kenapa ya waktu buka desktop pertama kali Komputer saya lemot?
Kenapa ya . . .
Kenapa ya . . .
  
Inilah cara mengatasi komputer lemot starting up
Gambar di atas adalah ilustrasi Komputer loading lambat

Saya sering dapat pertanyaan yang seperti itu, kenapa bla bla bla... dan seterusnya. Proses loading pertama kali Windows itu memang lama, karena berbagai aplikasi harus disiapkan oleh Windows, mulai dari Shortcut , Tray Icon , wallpaper desktop , taskbar , Menu bahkan aplikasi yang berjalan di belakang layar. Keadaan tersebut harus termuat sekaligus pada waktu awal dihidupkan tersebut. Jadi wajarlah kalau relatif cukup lama. tapi itu juga tidak sampai 5 menit kok.

Untuk Komputer lama, Pentium 4 / Dual Core LGA 775 memang sedikit cukup lama apalagi jika masih menggunakan hardisk Paralel ATA. itu sudah pasti karena Proses pengambilan data yang kurang cepat (Masih paralel ATA) dan juga dukungan kemampuan Processor dan Ram yang mungkin kurang pasti jadinya lambat proses starting up nya. Biasanya kisaran 3-5 menit. jadi sudah wajar seperti itu.

Sedangkan Komputer sekarang yang Mungkin Generasi Baru Intel seperti Arrandale, Sandy Bridge, Ivy Bridge, Haswell, Broadwell , Skylake atau AMD Generasi A, FX dan ZEN secara garis besar lebih cepat. Generasi terbaru, teknology terbaru membuat proses lebih cepat. Hardisk SATA 6Gbps yang cepat, atau bahkan mungkin SSD (Solid State Drive) yang super cepat di dukung Processor generasi terbaru dan juga RAM memungkinkan Loading awal Windows jadi lebih cepat, bahkan bisa kurang dari 1 menit Jika memakai SSD 6Gbps. Sangat cepat bukan?

Nah yang menjadi masalah di sini jika Komputer kamu sudah termasuk generasi terbaru, Mulai Dari Processor, RAM, Hardisk dan lain-lain tapi kok masih terasa lama, itu perlu di cari tahu penyebabnya.


Cara penyelesaian masalah :


  1. Pertama Pastikan semua perangkat keras Komputer terhubung dengan benar (RAM, Kabel SATA, Hardisk dll)
  2. Pastikan Kelistrikannya berjalan dengan lancar, Listrik dari stop kontak, PSU, kabel-kabel PSU dll.
  3. Jika Sudah lama, coba Lepas Casing Samping. lihat di dalamnya berdebu atau tidak, kalau berdebu segeralah di bersihkan. Karena debu bisa juga menghambat arus listrik yang mengalir dari perangkat satu ke perangkat lain.
  4. Pastikan HSF / Fan Processor bekerja dengan maksimal (Tidak Mengakibatkan Processor Overheat)
  5. Pastikan Sirkulasi Udara Panas dalam Casing lancar.
  6. Lihat Cache, data temporary dan recycle Bin sudah banyak atau tidak, jika banyak segera hapus.
  7. Lihat Drive C ( Drive di mana Windows terinstall ) memiliki cukup ruang atau tidak. selayaknya Drive C Harus kosong sekitar 65% dari total keseluruhan partisi Drive C atau 35% saja data yang harus tersimpan dalam Drive tersebut. selebih itu biasanya akan membuat proses Loading lama.
  8. Windows sudah berumur tua / lama. karena faktor lama digunakan bisa juga membuat proses loading starting up jadi lama, segeralah untuk menginstall ulang Windows pada komputer anda.
  9. Coba lihat Aplikasi pada saat Windows start up.

Untuk Masalah yang terakhir cukup mudah untuk mengatasinya. Kita mencoba memilah dan memilih aplikasi mana saja yang harus jalan pada saat starting up / saat loading pertama kali.


Caranya :

  1. Kombinasi WINDOWS+R pada Keyboard anda.
  2. Ketika muncul jendela Run, Ketik tanpa tanda Kutip "msconfig" kemudian tekan Enter pada keyboard atau klik OK pada jendela Run tadi.
  3. Maka akan muncul System Configuration Klik pada tab Services
  4. Pada Services Klik centang pada Hide all Microsoft Services
  5. Maka akan muncul semua Proses yang berjalan di belakang layar selain milik Windows (Aplikasi pihak ketiga). Kemudian klik Disable All
  6. Kemudian lanjut ke tab Startup
  7. Hilangkan centang pada Aplikasi yang menurut anda tidak diperlukan ketika Windows anda Startup. Misalnya : NVIDIA, Steam, Office, dll. yang biasanya harus di centang seperti : Anti virus, Virtual Drive, atau lainnya yang harus ada di tray Icon. ( Catatan : Tray Icon adalah Icon kecil yang muncul pada Kanan bawah Taskbar, biasanya disembunyikan dengan gambar panah ke atas {segitiga atas} dan jika kita Klik akan muncul Icon Aplikasi tertentu )
  8. Klik Apply Untuk menerapkan
  9. Dan kemudian OK untuk melanjutkan
  10. Pasti akan muncul Jendela Notifikasi permintaan untuk melakukan Restart Now dan di sebelahnya Restart Later. Pilih Restart Now untuk melihat langsung perubahannya atau Restart Later jika ingin dilihat nanti sesudahnya.
  11. Lihat hasilnya jika memang sudah berhasil pasti Proses loading starting up nya lebih cepat. Namun jika memang belum berhasil coba install ulang Windows anda atau mungkin Alternatif mengembalikan Windows ke dulu setelah install Ulang atau Istilahnya System Restore.

Cara tersebut sudah saya coba praktekkan dan saya gunakan jika ada Komputer / Laptop yang lambat Proses loading Starting up nya. Dan Alhamdulilah berhasil dan Proses loading starting up nya pun berjalan lebih cepat dari sebelumnya. Jika belum berhasil cobalah untuk mengurangi jumlah Shorcut yang ditampilkan di desktop, semakin banyak Shorcut biasanya semakin lama proses start up nya juga. Apalagi jika itu Game, aplikasi besar dan berat lainnya.

Fast respon
Gambar di atas adalah ilustrasi Komputer loading Cepat

Sekiranya seperti itulah yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Bila ada kesalahan penulisan kata dan lainnya saya mohon maaf, itu karena keterbatasan pengetahuan dari saya. Jika ada pertanyaan, masukan, kritik dan saran silahkan Comment atau  contact us. Semoga bermanfaat, Sekian


Terima Kasih.





Blog Archive