Home » » PRIVIEW Intel Core 2 Duo E8400

PRIVIEW Intel Core 2 Duo E8400

PRIVIEW Intel Core 2 Duo E8400


Berbicara tentang Komputer pasti tidak lepas dari berbagai perangkat yang mendukung kinerja komputer tersebut. Mulai dari Motherboard, Processor, Harddisk Drive, Optical Drive, Power Supply, Peripheral Device, VGA dan Monitor. Semua perangkat tersebut merupakan satu kesatuan hingga menjadi Komputer.

Processor adalah pernagkat Penting dalam Komputer. Processor adalah Pusat utama semua Proses dalam Komputer atau bisa dibilang Otaknya Komputer. Menerima Input memproses dan mengeluarkan dalam bentuk output adalah tugas utama dari processor. Di dalam dunia Komputer ada 2 Merek yang menguasai Pasar Processor Komputer Yaitu Intel dan AMD. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Processor dari Intel.

Priview Intel Core 2 Duo E8400


Intel Core 2 Duo E8400 adalah Processor Dual Core Desktop atau Komputer dengan kemampuan Clock Speed 3,00 Ghz yang di rilis pada Kuartal 1 (Q1) tahun 2008. Processor ini Cukup populer pada waktu itu karena dengan Kemampuan Dual Core yang dimiliki Level 2 cache nya mencapai 6MB. Sangat tinggi di kelasnya pada waktu itu. Mungkin sekarang pun masih banyak yang mungkin menggunakannya karena memang Performanya Cukup mumpuni untuk ukuran Dual Core.

Intel Core 2 Duo E8400 merupakan Processor Series Core 2 yang di launching bersama Core 2 Quad dan Core Extreme Series. Processor ini tidak Support Overclock karena bukan type K atau unlocked, selain itu RAM yang digunakannya pun adalah DDR2 dan DDR3 (1066/1333) sampai 8 GB @ Dua Channel, selain itu sama seperti Core i5 Sebelumnya dia memiliki Level 3 Cache 6 MB. Untuk TDP (thermal display power) hanya 65 W, yang artinya walaupun dia bekerja di 3,10 Ghz dia memiliki TDP yang cukup rendah, walaupun menggunakan teknologi lama (45 nm).

Processor ini hanya bisa digunakan pada Motherboard dengan Socket LGA 775 dan Merupakan Processor yang belum menggunakan Teknology Hyper Threading. Sehingga mungkin kalau untuk ukuran pemakaian untuk aplikasi-aplikasi terbaru akan sedikit mendapati masalah. Spesifikasi lengkap yang dimiliki Processor Intel Core 2 Duo E8400 adalah sebagai berikut :

Spesifikasi Intel® Core 2 Duo E8400
Nama Processor
Core 2 Duo E8400
Clock Speed
3,00 Ghz
Jumlah Core
2 Core
Jenis Socket
LGA 775
Suhu Operasi
Unknown –  72.4°C
TDP (Thermal Display Power)
65 W
Manufacture Process
45nm
Level 2 Cache
6MB (3MB Per Core)
Bus Speed (FSB)
1333 Mhz
Turbo Boost
No
Hyper Threading
No
Virtualization VT-x
Yes
Virtualization VT-d
Yes
NX Bit
Yes
Jumlah Transistor
410.000.000
Architecture
X86, X64
Instruction Set Extensions
Supplemental SSE3, SSE2, SSE, MMX, SSE3, SSE 4.1



Dari gambar di atas bisa kita ketahui nilai Benchmark kisaran kemampuan processor Core 2 Duo E8400 adalah 2166 dalam artian Nilai tersebut merupakan nilai terbaik atau tertinggi dari Core 2 Duo E8400 dalam Spesifikasi paling bagus. Sehingga mungkin jika Spesifikasi Anda tidak dalam Kondisi terbaik tidak akan mencapai nilai Benchmark tersebut. Demikianlah Spesifikasi Intel Core 2 Duo Bahasa Indonesia pada artikel kali ini.

Semoga sedikit ilmu yang saya miliki bisa menjadi manfaat bagi pembaca semua. Sekiranya seperti itulah yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Bila ada kesalahan penulisan kata dan lainnya saya mohon maaf, itu karena keterbatasan pengetahuan dari saya. Jika ada pertanyaan, masukan, kritik dan saran silah kan Comment atau  contact us. Semoga bermanfaat, Sekian

Terima Kasih



Blog Archive