Home » » Apa sih itu PC?

Apa sih itu PC?

Dalam perkembangan teknology jaman sekarang kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya teknology perkomputeran, mulai dari yang simple handphone, gadget sampai PC. dalam keseharian kita tak terhitung jumlahnya berapa kali kita menggunakan barang barang tersebut. bahkan mungkin dari pagi sampai pagi lagi kita menggunakannya hanya waktu tidur kita lepas dari alat alat tersebut.


Apa sih itu PC?


Nah, salah satu alat tersebut adalah PC. Apa sih itu PC? sama gak dengan komputer? Sebelum kita mengenal lebih jauh PC kita telusuri dulu kepanjangan dari PC. PC adalah kepanjangan dari Personal komputer alias Komputer Pribadi jadi secara garis besar PC itu adalah komputer, Komputer Pribadi atau Komputer rumahan. Nah apa bedanya dengan Komputer? ya secara garis besar sama, hanya saja biasanya PC itu milik personal atau Pribadi. 

Komputer pada dasarnya bnyak tipe Penggunaannya, seperti tadi PC yang dikhususkan untuk pengguna pribadi atau rumahan, ada juga Komputer untuk Server, Komputer untuk Company dll yang jelas dari Spesifikasi juga berbeda dengan PC. Nah, kalo komputer Gamer itu termasuk PC gak? Ya jelas komputer gamer itu PC karena tadi, gamer biasanya pribadi perseorangan.

Apa sih itu PC?


Kalo laptop berarti masuk kategori PC? Ya, iya Laptop itu termasuk PC karena kembali lagi tadi sesuai fungsinya dia tidak digunakan untuk hal seperti server dll. Laptop pun biasanya spesifikasinya juga standart, adapun jenis gamer yang juga termasuk PC. sejauh yang saya tahu.

Nah karena tadi sudah tahu tentang apa itu PC. Kita lihat apa itu Perangkat yang ada di PC

  1. Processor alias otak dari PC atau komputer
  2. Motherboard
  3. RAM
  4. PSU (Power Supply Unit)
  5. HDD (Hard Disk Drive)
  6. DVD/CD/Blu-ray Drive (opsional : kadang tidak terpasang, tergantung kebutuhan)
  7. Peripheral tambahan (opsional : VGA external, LAN external, WIFI external dll tergantung kebutuhan)
  8. Kipas (Kipas Casing) dan HSF (Heat Sync Fan) atau kipas Processor
  9. Kabel-kabel (Kabel SATA, DATA, Power dll)
  10. Casing (tempat menyatukan semua komponen diatas)
  11. Monitor
  12. Keyboard dan Mouse 
Semua tersebut adalah perangkat yang dibutuhkan untuk membangun sebuah PC, untuk opsional itu tergantung kebutuhan, contohnya pengguna rumahan hanya untuk mengetik, browsing saja tidak perlu untuk menambahkan VGA external (kecuali untuk gaming), lagi contoh untuk editing video produksi video maka baisanya perlu DVD/CD/Blu-ray Drive.

Diluar Perangkat tersebut masih banyak perangkat tambahan yang bisa ditambahkan lewat kabel data misalnya

  • Handphone/Gadget
  • Printer
  • Scanner
  • Modem dll
Intinya PC itu adalah Komputer yang digunakan seumumnya, bukan untuk server dll. Cukup sekian apa yang bisa saya sampaikan, bila ada kekurangan itu karena keterbatasan pengetahuan dari saya, saya mohon maaf.
bila ada pertanyaan, kritik atau saran bisa di comment di bawah, 

Terima Kasih....

Blog Archive