Home » » Perbedaan SATA I, SATA II, SATA III

Perbedaan SATA I, SATA II, SATA III

Perbedaan SATA I, SATA II, SATA III


SATA atau sering disebut Serail ATA (Serial AT Attachment) Merupakan Interface Bus dari Komputer yang menghubungkan Host Bus Adapter dengan media penyimpanan seperti Harddisk Drive, Optical Drive dan Solid State Drive. Serial ATA merupakan penerus dari Paralel ATA yang merupakan Interface Bus lama, di mana dibuat pengecilan Ukuran kabel penghubungnya.

Gambar SATA Interface


SATA diumumkan Ke publik pada tahun 2003. PATA umumnya disebut juga ATA, dimana ATA merupakan AT Attachment nama original yang dirilis dari IBM Personal Computer pada tahun 1984. Disebut juga IBM AT, ketika pertama kali diproduksi masal untuk umum. AT merupakan Kepanjangan dari Advaced Technology dari IBM. Dari itulah SATA merupakan Kepanjangan dari Serial Advanced Technology Attachment. ATA atau AT Attachment  merupakan trademark dari IBM.

SATA Host Adapter merupakan penghubung antar perangkat dengan High Speed Kabel Serial. Pada tahun 2008 99% Komputer dunia sudah menggunakan SATA sebagai interface Bus menggantikan PATA/ATA.

SATA I


SATA I atau SATA Revision 1, dirilis pada 7 Januari 2003 yang merupakan generasi pertama dari SATA. SATA I atau yang sekarang sering juga disebut SATA 1,5 Gbit/s yang mana mempunyai Kemampuan Rate 1,5Gbit/s. SATA I tidak Support Native Command Queuing (NCQ). Pada dasarnya Uncoded transfer rate yang mampu dilakukan SATA I hanya sekitar 1,2Gbit/s atau sekitar 150MB/s. SATA I Tercepat tercatat pada April tahun 2010 pada Harddisk Drive 10,000rpm mampu mentransfer data dengan Maximum rate Transfer sampai 157MB/s dan merupakan SATA I tercepat di dunia.

SATA II


SATA II atau SATA Revision 2, dirilis pada April 2004, dengan memperkenalkan fitur Native Command Queuing (NCQ). Generasi kedua dari SATA interface yang mampu berjalan pada transfer rate 3Gbit/s. Maximum uncoded transfer rate SATA II ada pada sekitar 2,4Gbit/s atau sekitar 300MB/s. SATA II sering juga disebut SATA 3Gbit/s dua kali lipat dari SATA I dan Kompatibel dengan SATA I.

SATA III


SATA III atau SATA Revision 3, diumumkan pada Mei 2009, merupakan generasi ketiga dari SATA yang mana mampu berjalan pada Transfer rate 6Gbit/s dengan maximum uncoded transfer rate sekitar 4,8Gbit/s atau sekitar 600Mb/s. SATA III sering disebut SATA 6Gbit/s dimana kemampuannya 2 kali lipat SATA II dan masih Kompatibel dengan SATA II.

Bisa dilihat dari pembahasan di atas SATA I, SATA II dan SATA III berbentuk sama, dan juga mempunyai fungsi yang sama. Ketiga SATA tersebut merupakan Interface Bus penghubung pada Media penyimpanan. Perbedaannya Hanya ada pada System Transfer Rate yang di miliki setiap SATA tersebut. SATA I dengan 1,5Gbit/s SATA II dengan 3Gbit/s dan STAT III dengan 6Gbit/s. Perbedaan lainnya ada pada fitur Isochronous NCQ, SAS, Power Management, Low Insertion Force (LIF) yang hanya dimiliki SATA III.


Semoga sedikit ilmu yang saya miliki bisa menjadi manfaat bagi pembaca semua. Sekiranya seperti itulah yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Bila ada kesalahan penulisan kata dan lainnya saya mohon maaf, itu karena keterbatasan pengetahuan dari saya. Jika ada pertanyaan, masukan, kritik dan saran silah kan Comment atau  contact us. Semoga bermanfaat, Sekian

Terima Kasih
 




Blog Archive