Home » » Apa sih Virtual Drive?

Apa sih Virtual Drive?

Virtual Drive itu apa Sih?
Fungsinya Untuk apa?
Apa kelebihannya?


VIRTUAL DRIVE

Bicara mengenai Komputer pasti tidak asing bagi telinga kita mendengar kata Drive. Mulai dari Hardisk Drive, Flashdisk Drive, CD/DVD Drive dan Virtual Drive. Jika di artikel sebelumnya kita sudah membahas cara mengatasi Disk Drive yang Error maka sekarang kita akan membahas Drive dalam bentuk lain. Drive sendiri pada dasarnya adalah nama sebuah media penyimpanan (bisa dalam bentuk partisi) yang terbentuk dalam Komputer kita dengan nama alphabet seperti C, D, E, F,  dan seterusnya.

Apa sih Virtual Drive?


Sama seperti Drive drive lainnya, virtual drive sebenarnya juga sebuah media penyimpanan. Virtual Drive adalah sebuah media penyimpanan yang tidak nyata (bayangan) yang mana sebenarnya Virtual Drive tersebut hanya lah sebuah aplikasi yang mengambil atau meminta jatah Disk Space pada Drive C: untuk ditampilkan Live dalam bentuk Drive lain (misalnya dalam Drive G, H dan lainnya).

Virtual Drive sendiri sangat lebih mudah di gunakan daripada harus kita mempartisi atau membuat drive baru. Namun pada dasarnya Virtual Drive hanya bisa digunakan ketika ada File yang memiliki format yang bisa di load oleh Aplikasi Virtual Drive tersebut. Biasanya hanya File dengan format tertentu yang bisa di load dan ditampilkan live dalam bentuk Drive.

Virtual Drive pada dasarnya hampir sama dengan CD/DVD Drive. Jika CD/DVD Drive butuh piringan Cakram maka Virtual Drive hanya butuh file dengan Format tertentu. Jika kita perlu beli CD/DVD untuk bisa mengakses file, maka ketika kita menggunakan Virtual Drive kita hanya perlu Mount (istilah yang di gunakan untuk me load file pada Virtual Drive) untuk mengakses file tanpa harus ekstrak ataupun memasukkannya ke dalam CD/DVD. Fromat file yang biasanya bisa di mount (load) Virtual Drive adalah jenis file Archive atau File yang di dalamnya berisi file yang di compressi jadi satu dalam bentuk format tertentu.

Format yang biasanya dan Umum digunakan oleh Virtual Drive adalah sebagai berikut :

  1. Format .ISO
  2. Format .BIN
  3. Format .NRG
  4. Format .IMG
  5. Format .MDF
  6. Format .MDS
  7. Format .WIM
  8. Dan masih ada beberapa lainnya.


Namun yang paling banyak digunakan dari format di atas adalah .ISO, .MDS/MDF dan .NRG. Format tersebut paling banyak digunakan karena kedua banyak aplikasi Virtual Drive yang support format file tersebut. Format file yang lain lebih jarang di gunakan karena hanya sedikit aplikasi virtual drive yang support format file tersebut.

Berikut beberapa Aplikasi Virtual Drive yang mudah digunakan :

  • PowerISO
  • Nero StartSmart
  • ISObuster
  • DAEMON tools


Jika di atas kita sudah mengetahui jenis format file yang bisa di load virtual drive beserta beberapa nama aplikasinya sekarang kita akan membahas beberapa kelebihan dan kekurangan dari virtual drive. Mudah digunakan bukan berati tidak mempunyai kekurangan, begitu juga kebalikannya. Berikut kelebihan dan Kekurangan menggunakan Virtual Drive :

Kelebihan

  1. Kita tidak perlu mengekstrak file untuk membuka atau melihat isi file format tersebut.
  2. Kita tidak perlu Burn file to Disc untuk membuka atau melihat isi file format tersebut.
  3. Lebih mudah dan cepat digunakan.
  4. Bisa membuat banyak Virtual Drive hanya dengan 1 Aplikasi.
  5. Tidak akan terjadi kerusakan fisik pada file tersebut karena masih dalam bentuk soft, berbeda ketika kita memasukkannya ke dalam CD/DVD.
  6. Akan sulit terkena Virus, karena sudah dalam bentuk archive.


Kekurangan

  1. Jika Drive C: penuh maka Virtual Drive akan sulit atau bahkan tidak bisa di akses.
  2. Hanya file Format tertentu yang bisa diakses untuk Virtual Drive
  3. Semakin banyak Virtual Drive maka harus semakin banyak Disk Space pada drive C:
  4. Ketika Virtual Drive Aktif maka akan lebih membebani akses pada Drive C:
  5. Ketika Virtual Drive belum aktif maka kita perlu Restart Komputer untuk mengaktifkannya.


Apa sih Virtual Drive??


Seperti itulah yang mungkin bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Semoga sedikit ilmu yang saya miliki bisa menjadi manfaat bagi pembaca semua. Sekiranya seperti itulah yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Bila ada kesalahan penulisan kata dan lainnya saya mohon maaf, itu karena keterbatasan pengetahuan dari saya. Jika ada pertanyaan, masukan, kritik dan saran silah kan Comment atau  contact us. Semoga bermanfaat, Sekian


Terima Kasih.

Blog Archive