Home » » Cara mengatasi VGA yang tidak terdetect GAME

Cara mengatasi VGA yang tidak terdetect GAME

Cara mengatasi VGA yang tidak kedetect PES?
VGA Saya kok N/A padahal sudah AMD/Nvidia?
VGA Nvidia saya kok Bad pada setting PES?
VGA AMD saya kok Bad pada setting PES?
VGA saya tidak terdetect di setting PES?

Bicara tentang PES atau Game lainnya pasti butuh VGA yang cukup mumpuni untuk menjalankannya. Tidak jarang dengan VGA yang pas-pas an kita mencoba memainkan PES ataupun game berat lainnya. Biasanya pada setting ataupun spesifikasi Game tersebut tertulis minimal Spesifikasi Komputer untuk memainkannya. Sehingga VGA pas-pas an kita di setting tertulis tidak memenuhi atau Bad bahkan kadang N/A.

Gambar VGA Tidak Detect GAME


Namun tak jarang juga padahal VGA sudah bagus dan memenuhi spesifikasi VGA kita masih tertulis Bad atau bahkan N/A. Di sini permasalahannya biasanya ada pada pengaturan dari VGA. Sangat banyak terjadi seperti ini pada Laptop dengan Dual VGA, karena pada laptop Dual VGA, baik yang Integrated maupun yang Dedicated sama-sama aktif ketika Laptop di hidupkan.

Berbeda dengan pada PC, pada PC walaupun Dual VGA, hanya VGA yang tersambung ke Monitor yang aktif. Jika tidak tersambung ke Monitor maka tidak akan aktif dan masuk ke pengaturan pada GAME. Sehingga tidak terjadi hal seperti yang kita bahas di atas.

Pada Laptop karena adanya 2 VGA aktif biasanya setting GAME akan berada pada Integrated (Intel HD graphic) karena memang intel HD graphic merupakan VGA utama pada Laptop Dual VGA yang menggunakan Processor Intel. Oleh karena itu agar pada Setting Game yang terbaca yang versi dedicated VGA (Nvidia/AMD Radeon) Anda harus mengubah pengaturan pada Control Setting VGA.

Caranya sebagai berikut :

Pada VGA Nvidia,
  • Pada Desktop klik kanan Kemudian Klik NVIDIA Control Panel
  • Pilih pada Manage 3D Settings
  • Kemudian klik Tab Program Settings
  • Klik Add untuk menambahkan GAME atau Aplikasi yang ingin dijalankan oleh VGA Nvidia.
  • Jika tidak ada pada List program yang muncul Klik Browse dan kemudian carilah GAME atau Aplikasi yang ingin ditambahkan. Klik pada file.exe GAME atau Aplikasi kemudian Open.
  • Jika sudah Kilk Apply, maka GAME atau aplikasi tersebut akan tersetting pada VGA Nvidia.


Pada VGA AMD,

  • Pada Desktop klik kanan Kemudian Klik AMD Catalyst Control Center
  • Pilih pada Gaming
  • Kemudian klik Tab 3D Application Settings
  • Klik Add untuk menambahkan GAME atau Aplikasi yang ingin dijalankan oleh VGA AMD.
  • Browse pada GAME atau Aplikasi yang ingin dijalankan Oleh VGA AMD dan Klik Open.
  • Akan muncul notifikasi Application profiles klik YES
  • Dan Kemudian klik Apply, maka GAME atau aplikasi tersebut akan tersetting pada VGA AMD


Kira-kira seperti itulah cara setting VGA Nvidia/AMD yang tidak muncul pada setting GAME atau Aplikasi. Cara di atas sudah dicoba dan berhasil 100%. Jika memang masih belum terindex pada setting GAME maka Anda mungkin perlu mencoba Download file dsound.dll dan menaruhnya pada Folder Game atau Aplikasi tersebut. Silahkan download file dsound.dll
Semoga sedikit ilmu yang saya miliki bisa menjadi manfaat bagi pembaca semua. Sekiranya seperti itulah yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Bila ada kesalahan penulisan kata dan lainnya saya mohon maaf, itu karena keterbatasan pengetahuan dari saya. Jika ada pertanyaan, masukan, kritik dan saran silah kan Comment atau  contact us. Semoga bermanfaat, Sekian

Terima Kasih.
 

Blog Archive