Home » » Apakah PSU komputer yang lebih besar dari Voltase Listrik rumah bisa Jalan?

Apakah PSU komputer yang lebih besar dari Voltase Listrik rumah bisa Jalan?

Listrik saya 450VA, PSU saya 600Watt, bisa jalan gak?
Listrik saya 900VA, saya beli PSU 1200Watt, mampu gak ya?
Apakah PSU 500Watt mampu di listrik 450VA?
Apakah PSU 100Watt mampu di listrik 900VA?

Baru-baru ini banyak orang yang bertanya seperti pertanyaan diatas. banyak yang masih bingung dan terpikiran, mampu gak ya? ini bisa gak ya? Listriknya kuat gak ya? seperti itu lah kira-kira.

Gambar PSU Komputer bagus


Sebelum mengatasi masalah alangkah lebih baiknya kita tahu dulu tentang kelistrikan. Listrik 450VA atau pun 900VA itu adalah kemampuan maksimal listrik rumahan memuat beban total di rumah tersebut. jadi kita ya harus tahu dulu, kira-kira berapa saja atau mungkin barang elektronik apa saja yang memakai listrik dirumah kita. Sebagai contoh itu TV LED saya, saya lihat di deskripsi nya beban paling tinggi TV tersebut adalah 30 Watt, ada juga pompa air yang daya nya juga sampai 125Watt.. jadi jika bersamaan totalnya jadi 155Watt, jika listrik 450VA-beban 155Watt maka daya listrik yang masih bisa digunakan ada sekitar 295VA. Jadi jika keadaan 2 elektronik tadi hidup daya listrik 450VA hanya tinggal 295VA.

Catatan : VA = Volt Ampere (Watt)

Nah sekarang kita kembali ke PSU, PSU adalah Power Supply Unit, sebuah perangkat yang fungsinya menyuplai tegangan dari listrik rumah ke Komputer anda. PSU itu bermacam-macam ukuran dayanya mulai dari 180Watt sampai 2000Watt kalo gak salah. Biasanya ada PSU abal-abal (PSU murahan, biasanya bawaan Casing, Harga Murah dan daya yang dikeuarkan pun hanya separuh dari yang tertera di PSU) dan PSU pure (Real Power, maksudnya daya dan tulisan tertera itu benar adanya, misal 450Watt ditulisan itu benar-benar sama dengan daya yang ada dikeluaran PSU ketika di test dengan PSU Tester)

Nah lho PSU saya bagus gak ya real gak ya? ada baiknya anda mencari tahu sebagai berikut :

PSU Abal-abal

  1. Power Up
  2. Votre
  3. Dazumba
  4. Simbada
  5. Mentari
  6. dan lainnya PSU yang terdapat pada bawaan Casing


PSU Pure dan bagus menurut Saya


  1. FSP
  2. XFX
  3. Seasonic
  4. Cooler Master
  5. Super Flower
  6. Corsair
  7. Thermaltake
  8. dan lainnya lebih bagus cek disini  merk apa saja yang kira-kira bagus 



Yang bagus adalah yang benar-benar mampu menghasilkan daya yang sesuai dengan yang tertera di tulisannya. Mempunyai Spesifikasi daya output yang tertulis disitu. contohnya sebagai berikut :

Ciri-ciri PSU Bagus
Gambar diatas Contoh Spesifikasi dari PSU Thermaltake

Bang punya saya kok ada sertifikatnya 80 + (plus) itu bagaimana? Apakah bagus?
Begini ya sertifikat 80 + itu gak sembarangan PSU bisa menggunakannya. istilahnya 80+ itu Seperti sertifikat SNI di Indonesia. Jika sudah ada sertifikat 80+ bisa dipastikan PSU Anda itu bagus, namun tidak jarang ada juga produsen yang nakal. Memasang sertifikat 80+ pada PSU nya padahal PSU nya tidak memenuhi standart PSU bersertifikat 80+.

Jika Anda ragu untuk membeli PSU yang benar-benar 80+ Anda bisa mencoba mengecek di situs plugloadsolutions.com di situ ada banyak Merek yang benar-benar bersertifikat 80+. Sebenarnya semua merek yang sudah masuk di situs tersebut sudah dipastikan baik dalam hal output daya, tapi jika merek tersebut mengeluarkan produk bersertifikat 80+ jelas PSU tersebut lebih bagus dari produk yang standart.

Sebagai perbandingan berikut urutan sertifikat dari standart sampai yang bagus :

  1. Standart (Standart sebenarnya sudah bagus kalau benar-benar real power, sudah mampu untuk menjalankan PC dengan spesifikasi gaming lumayan)
  2. Bersertifikat 80+ (Lebih bagus dari versi standart biasanya mampu untuk mengangkat VGA yang lumayan bagus)
  3. Bersertifikat 80+ Bronze (Di atasnya lagi dari versi 80+ biasa, mampu untuk menjalankan VGA High End. Tapi pastikan dulu VGA High End Anda minimum PSU nya berapa Watt)
  4. Bersertifikat 80+ Silver (Sedikit di atas yang versi 80+ Bronze, Standartnya dia memang digunakan untuk High End PC, Overclock, Gaming dan hal lainnya yang butuh daya yang kuat)
  5. Bersertifikat 80+ Gold (Paling tinggi dalam standart PSU yang dijual, kemampuannya jangan ditanyakan lagi, untuk Extreme Overclock, SLI, Crossfire dan Berbagai hal lainnya mampu dilakukan versi ini daripada versi dibawahnya. Dan untuk harga dipastikan harganya selangit untuk pengguna biasa seperti kita ini)
  6. Bersertifikat 80+ Platinum (Di atas dari yang paling atas kira-kira itulah yang bisa saya katakan untuk versi Platinum, mungkin hanya pengguna khusus untuk Server atau PC Gaming yang maniak yang mungkin menggunakan  PSU ini, kemampuan terbaik supply daya dari PSU lainnya)


Tidak sembarang PSU mampu memberikan sertifikat 80+ jika memang belum bisa memberikan daya yang continues  di atas 80% saat load 50%, 75%, dan 100% dari keseluruhan kemampuan daya PSU tersebut.

Kok jadi ngomongin kemampuan PSU ya? Ya gak apa-apa lah biar tambah pengetahuan Anda sebelum membeli PSU.
Kembali ke tadi ukuran PSU yang lebih besar apakah mampu di Listrik yang dayanya lebih kecil?
Jawabannya relatif.
Looh kok relatif bang?
Looh ya iyalah, maksudnya relatif itu gini ya, tergantung dari total keseluruhan daya yang ada di perangkat PC Anda. Sebagai contoh

Dengan PSU 550Watt Listrik 450VA, total keseluruhan daya PC Anda harus di bawah 450VA. Contohnya :


  • Processor Intel Core i5 3570 / i7 3770 dia butuh daya sekitar 105 Watt ketika Full load (dalam artian kerja penuh, kalo gak kerja penuh ya di bawah itu dayanya)
  • RAM Gaming 8GB dia mungkin butuh daya sekitar 20-30 Watt
  • Motherboard SLI / Crossfire sekitar 30 Watt (bisa lebih tahu mungkin bisa kurang)
  • VGA  GTX 1050ti butuh daya sekitar 75 Watt
  • HDD 1TB sekitar 30Watt
  • Liquid Cooler / Fan Cooler lainnya mungkin sekitar 30 Watt
  • DVD / CD sekitar 30 Watt
  • LED Monitor daya 30-35 Watt


Bisa dihitung 105+30+30+75+30+30+30+35 = 365 Watt daya yang di ambil dari listrik rumah Anda, jadi masih bisa untuk menghidupkan barang elektronik lainnya dengan sisa 85 Watt. Jadi semua tergantung isi dari PC Anda, lebih baik cari tahu dulu berapa daya yang dibutuhkan dari perangkat PC Anda agar tidak menyesal jika terlanjur terbeli.

Sebagai contoh Anda membuat PC dengan PSU 550Watt di listrik 450VA dengan spesifikasi sebagai berikut :


  • Processor AMD Phenom II X4 (ketika penuh butuh daya sekitar 155 Watt)
  • RAM 8GB Gaming 20-30 Watt
  • Motherboard SLI / Crossfire sekitar 30 Watt (bisa lebih tahu mungkin bisa kurang)
  • VGA  HD 7870 butuh daya sekitar 175 Watt Full load
  • HDD 1TB sekitar 30Watt
  • Liquid Cooler / Fan Cooler lainnya mungkin sekitar 30 Watt
  • DVD / CD sekitar 30 Watt
  • LED Monitor daya 30-35 Watt


Bisa dihitung 155+30+30+175+30+30+30+35 = 485 Watt, jadi langsung mati listrik di rumah Anda karena kekurangan daya. Jadi sebelum terlanjur beli lebih baik tanya-tanya dulu penjualnya tentang power consumption perangkat PC, jangan sampai malu bertanya menyesal setelahnya. Kalau pun penjual tidak tahu, coba browsing, coba googling cari Power Consumption dari XXXX (perangkat PC yang ingin Anda ketahui kebutuhan daya).

Kalkulasi daya di atas belum tentu valid tergantung tipe perangkat agan, beda merek beda konsumsi daya listriknya.

Catatan : Total perhitungan Watt keseluruhan daya tersebut hanya pada saat Full Load (Semua perangkat bekerja 100%) dan pada saat menghidupkan PC Anda pertama kali, kalau dalam keadaan sudah hidup dan dalam penggunaannya tidak terlalu bekerja (Misalnya tidak sampai 50%), maka total perhitungan dayanya akan di bawah kalkulasi di atas.

Sekiranya seperti itulah yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Bila ada kesalahan penulisan kata dan lainnya saya mohon maaf, itu karena keterbatasan pengetahuan dari saya. Jika ada pertanyaan, masukan, kritik dan saran silah kan Comment atau  contact us. Semoga bermanfaat, Sekian

Terima Kasih.


Blog Archive