Home » » Cara Mengatasi Komputer Restart PART 1

Cara Mengatasi Komputer Restart PART 1

Kenapa Komputer saya mati mati sendiri?
Kenapa PC saya restart restart sendiri?
Komputer saya langsung restart ketika dihidupkan?
Kipas CPU Komputer saya restart restart gak sampai tampil ke layar langsung restart?
Kipas CPU hidup terus langsung mati, gak tampil gambar di layar?
Kipas CPU restart, gak tampil gambar dilayar?

Jaman sekarang komputer bukanlah sesuatu yang wah, bahkan sudah banyak yang kenal dan punya komputer. Komputer merupakan perangkat serbaguna dalam kehidupan pribadi, perkantoran, pekerjaan, dan pendidikan.

Komputer restart sebelum tampil ke VGA


Seolah umum jika sekarang banyak pengguna komputer, baik yang masih awam ataupun yang sudah profesional. Tak jarang penggunaan komputer juga mengalami kerusakan. Baru baru ini saya banyak menemui hal yang tidak biasa pada komputer. Hal yang menurut saya baru tersebut cukup membuat saya bingung untuk pertama kali melihatnya.

Dalam keadaan pertama kali PC di on kan Komputer seolah mau hidup, tapi setelah beberapa saat tidak muncul gambar dan Kipas Processor di dalam CPU langsung mati lagi. Beberapa detik kemudian kembali hidup (tanpa ditekan tombol on) seolah akan loading, tapi tidak ada gambar dan Kipas mati lagi. Terus menerus seperti itu.

Saya cukup bingung dengan hal ini saya coba, Cek Processor masih aman, RAM saya cabut dan dibersihkan kemudian di pasang kembali masih saja sama. Bahkan saya bersihkan Slot RAM juga tetap sama. Saya coba Reset C-MOS tetap saja, coba cek Chipset overheat atau tidak ternyata tidak.

Saya coba cari cara lain di internet belum ada yang mengalami hal tersebut sepertinya, atau mungkin saya yang belum menemukannya. Akhirnya saya coba-coba sendiri cari solusi, Trial and error lah, pertama Saya mengalami nya pada PC yang terdapat VGA externalnya.

  • Saya coba bongkar PC tersebut
  • Saya lepas VGA externalnya eh, ternyata nyala
  • Saya pasang lagi, VGA externalnya ternyata panas
  • Saya coba bersihkan, dan kembali pasang
  • Alhamdulilah berhasil.


Kasus yang kedua Komputer tersebut tidak ada VGA externalnya, dua Komputer dengan spesifikasi yang hampir mirip. Core i3 dengan mobo gigabyte.

  • Saya coba bongkar total, Lepas Processor dan lainya
  • Saya bersihkan semua Slot yang ada
  • Coba saya pasang kembali dan tetap saja
  • Coba berpikir sejenak, saya mengingat masa waktu Sekolah dulu, Bahwa Kapasitor yang kelebihan Muatan bisa mengganggu arus listrik. Dan biasanya perlu pengosongan.
  • Nah saya coba Praktekkan pada Mobo, Saya copot kembali,
  • Copot total dari PSU atau pun Baterai C-MOS
  • Cari Semua Kapasitor yang ada
  • Balikkan Motherboard, Lihat posisi kaki dari Kapasitor
  • Kemudian Satukan kedua kutub kaki Setiap Kapasitor (saya menghubungkannya pakai Pinset, terserah Anda mau pakai apa yang penting bisa konslet atau mengosongkan muatan Kapasitor)
  • Sesudah mengosongkan semua muatan Kapasitor yang ada, saya Coba kembali pasang
  • Dan Alhamdulilah, Nyala normal kembali
  • Saya praktekkan ke PC yang kedua dan juga berhasil.


Kemungkinan Kapasitornya sudah kelebihan Muatan. Pada Mobo tersebut Semua kapasitor sudah Solid kapasitor, jadi gak ada Kapasitor Mlembung (hamil) karena dalam Kapasitor Solid itu tidak bisa mlembung. Berbeda dengan yang masih menggunakan kapasitor biasa, bisa langsung kelihatan jika Kapasitor tersebut kelebihan muatan (rusak, hamil, mlembung).

Dari dua hal di atas, bisa di lihat dengan kasus yang sama terdapat 2 penyelesaian masalah yang berbeda, dan mungkin bisa lebih dari itu. Bila agan mengalaminya coba lah satu persatu cara, jangan langsung mencoba beli lagi, Karena dibilang mobo rusak lah begini lah begitu lah. Kita coba dulu Trial dan Error, jika memang sudah mentok bawa ke tempat reparasi yang bagus, dan jika sudah di vonis Rusak barulah Anda beli lagi yang baru.

Sebelum Anda akan membeli baru alangkah baiknya coba dulu Trik sebagai berikut

  • Coba Bongkar semua Perangkat PC dan Pasang Kembali, Alasannya mungkin ada perangkat yang belum tertancap dengan benar, atau mungkin sudah goyah.
  • Bersihkan semua perangkat di dalam Casing, alasannya bisa jadi debu menghambat arus listrik yang mengalir pada PC Anda
  • Coba Copot RAM, kemudian bersihkan dengan penghapus (Konektor RAM yang berwarna kuning) dan juga Slot RAM tersebut, alasannya kadang Slot atau pun konektor RAM sudah berdebu atau berkarat.
  • Jika ada Peripheral tambahan seperti VGA external, WIFI, LAN atau yang lainnya yang terpasang coba copot dan bersihkan seperti pada RAM tadi.
  • Coba untuk me Reset C-MOS, alasannya terkadang kita mengubah sesuatu pengaturan dalam BIOS / UEFI yang tidak perlu sehingga mengakibatkan Komputer tidak bisa berjalan dengan Normal.
  • Coba Cek aliran Listrik dari Rumah dan PSU, alasannya jika listrik tidak terpenuhi sesuai yang dibutuhkan maka, komputer tidak akan bisa berjalan dengan normal.
  • Cara terakhir tadi seperti yang saya bahas di kasus kedua, Coba Kosongkan muatan yang ada pada Solid Kapasitor (Karena kalau kapasitor biasa biasanya akan langsung terlihat kondisinya mlembung/hamil atau tidak), Alasannya kelebihan muatan membuat kapasitor tidak bisa bekerja secara normal.


Semua yang saya tuliskan di atas merupakan hasil dari pengalaman pribadi dan mencari tahu dari googling. Kalau Anda merasa tidak benar atau mungkin tidak percaya ya jangan di coba. Karena saya juga bukanlah orang yang pintar, saya juga masih sama-sama belajar, Jadi saya bisanya seperti itu Trial dan Error.

Semoga sedikit ilmu yang saya miliki bisa menjadi manfaat bagi pembaca semua. Sekiranya seperti itulah yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Bila ada kesalahan penulisan kata dan lainnya saya mohon maaf, itu karena keterbatasan pengetahuan dari saya. Jika ada pertanyaan, masukan, kritik dan saran silah kan Comment atau  contact us. Semoga bermanfaat, Sekian

Terima Kasih.
 





Blog Archive