Home » » Perbedaan USB 2.0 dan USB 3.0

Perbedaan USB 2.0 dan USB 3.0

Perbedaan USB 2.0 dan USB 3.0


USB merupakan singkatan dari Universal Serial Bus, yang mana USB bisa universal atau bisa di jadikan lalu lintas Input atau pun Output dengan metode transfer data seri dalam perkomputeran. USB sendiri ada beberapa jenis diantaranya USB 2.0 dan 3.0 seperti yang akan kita bahas kali ini.

Perbedaan USB 2.0 dan USB 3.0


USB 2.0


USB 2.0 Merupakan USB penerus dari USB 1.1. USB 2.0 sendiri di umumkan ke publik pada April 2000. Mereka adalah Hewlett-Packard, Intel, Lucent Technology, NEC dan Philips yang melakukan riset pengembangan untuk menciptakan USB dengan data transfer yang lebih tinggi.Dan hasilnya pun USB 2.0 mampu mencapai Transfer data rate 480Mbit/s atau lebih cepat 40 kali dari pada USB sebelumnya yaitu USB 1.1.

USB 3.0


USB 3.0 merupakan USB penerus dari USB 2.0. USB 3.0 diumumkan ke publik pada 12 November 2008. tujuan utama di buat USB 3.0 adalah untuk mendapatkan USB dengan transfer data yang lebih cepat lagi namun dengan Konsumsi daya yang rendah dengan bentuk dan ukuran yang sama dengan USB 2.0. USB 3.0 mampu memiliki Transfer data rate 5 Gbit/s yang membuatnya di namai SuperSpeed USB. USB 3.0 digunakan dalam Perangkat pertama kali pada Januari 2010.

Secara kasat mata kedua jenis USB ini bentuknya sama, fisiknya sama, ukurannya sama. Mungkin kalau orang awam tidak akan bisa membedakannya secara detail. Namun ada beberapa hal yang bisa kita bedakan dari kedua USB ini.

Perbedaan USB 2.0 dan USB 3.0 :
  • Dilihat dari Colokan dalam USB tersebut, USB 2.0 biasanya berwarna Putih/Hitam sedangkan USB 3.0 berwarna Biru.
  • Dilihat dari lambang/logo/Icon yang timbul pada badan USB, USB 2.0 memiliki logo pada umumnya, sedangkan USB 3.0 ada tambahan logo SS pada ujung lambang USB.
  • USB 2.0 tidak perlu Driver untuk bisa di gunakan pada perangkat, sedangkan USB 3.0 perlu Driver untuk bisa di gunakan untuk transfer data.
  • Dari Speed transfer juga terlihat USB 3.0 lebih cepat daripada USB 2.0
  • Konsumsi daya pun USB 3.0 lebih rendah daripada USB 2.0


Namun tidak selamanya Teknologi terbaru yang lebih cepat tidak mempunyai kelemahan. Berikut beberapa kelemahan USB 3.0 :

  • Butuh Driver agar bisa di gunakan Transfer Data.
  • Speed Cepat, namun harus didukung juga oleh Perangkat lainnya juga, jika tidak maka akan sama dengan Kecepatan Transfer USB 2.0.
  • Panjang kabel Maximum 3 Meter agar bisa melakukan Transfer data dengan kecepatan yang optimal.
  • Tidak bisa di gunakan pada Windows XP kebawah. (System Requirment Driver Windows 7 keatas atau Linux)
  • Jalur kabel dalam USB 3.0 berbeda dengan USB 2.0.


Memang teknologi terbaru pasti akan memiliki lebih dalam kecepatan namun pasti ada kelemahan juga dari teknologi terbaru tersebut. Jika USB 3.0 memiliki kelebihan Kemampuan dalam hal kecepatan yang tinggi maka USB 2.0 memiliki kelebihan dalam hal Kecocokan (Compatible) pada semua jenis perangkat USB, entah itu USB 2.0, 3.0, 3.1 type C. Mungkin bagi kita yang lebih mengerti pasti akan lebih memilih USB 3.0 namun, bagi orang awam Justru lebih memilih USB 2.0 yang lebih Compatible daripada USB 3.0.


Semoga sedikit ilmu yang saya miliki bisa menjadi manfaat bagi pembaca semua. Sekiranya seperti itulah yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Bila ada kesalahan penulisan kata dan lainnya saya mohon maaf, itu karena keterbatasan pengetahuan dari saya. Jika ada pertanyaan, masukan, kritik dan saran silah kan Comment atau  contact us. Semoga bermanfaat, Sekian

Terima Kasih.
 




Blog Archive